Friday, September 18, 2009

Balada Buka Puasa

Buka puasa... tentu sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh orang yang sedang puasa. Sama juga gua, walaupun nungguin mikrolet jurusan Blok M aja selalu kelewat. Menu buka puasa orang-orang pun tentu berbeda.. ada yang buka puasa pake es buah, ada yang langsung makan menu utama.. walaupun gua sama sekali gak bingung, kalo Limbad pasti udah makan paku sama batu bata pas buka puasa. Mestinya, perusahaan kontraktor harus lebih memperhatikan skill dia. Lumayan, kalau ada barang bangunan yang gak kepakai, daripada dibuang, mending dikasih dia aja.

Orang-orang bilang.. buka puasa di rumah dengan keluarga dan tukang koran lebih enak dari buka di luar.. gua sama sekali gak setuju.. masak iya.. buka puasa harus sama tukang koran? Gak enak banget. Kenapa gak sama yang lebih elit-an dikit kek, kayak.. tukang pos? tukang sapu? (sama saja sih kayaknya). Lupakan si tukang koran itu! Intinya, buka puasa di rumah pasti lebih enak.. wich is well proven. Tetapi, bagi orang sibuk kayak gua (sibuk ngutil baju di Metro).. pasti ada beberapa hari yang gak sempet buka di rumah, jadilah gua buka di luar.

Ternyata, buka di luar gak kalah enak, apalagi sama sepupu. Pernah, sepupu gua kalo gak salah... ngundang gua buka puasa, padahal.. niat nya cuma mamerin ujian matematika nya yang dapet 100, sungguh membanggakan! Dan asumsi gua, kalo ada orang ngundang orang lain. Orang yang diundang mestinya dibayarin, tapi kali ini tidak. Sungguh perbuatan yang dzalim!

Konyolnya lagi, dia belum mutusin tempatnya. Bagus! Dan kerennya lagi, gua gak bawa kurma atau air buat batalin. Padahal, jam menjelang buka puasa adalah jam dimana semua restoran udah penuh. Bagus! Alhasil, kita muter-muter aja selama beberapa menit, lama-lama dengan kemampuan putar-memutar kita saat ini, kita bisa menjadi sepasang penari tango yang handal. Frustasi.. gua berniat nyoba cara kasar.. yaitu... ngambil meja yang udah di reserve secara paksa. Sadar kalo cara ini gak berhasil, akhirnya gua mengisyaratkan sesuatu ke sepupu of mine, "Pake plan B!" Kata gua gaya, dia bilang, "Plan B nya apaan?", "Begini, lu tetap nunggu disini.. sementara gua mau liat-liat sebentar".. yang sukses ditolak oleh dia sendiri. Akhirnya, setelah plan A dan plan B gagal, kita beralih ke Plan C.. yaitu nunggu sampe dapet! Lama-lama, dengan cara kayak gini.. mau sampe Plan Z juga gak bakal dapet.

Plan C dijalankan, which is a fatal mistake. Nungguin tanpa tahu ada di nomer berapa antrian kita, waiting list yang panjang juga ngebuat pusing. Sebagai orang yang baik, sopan, dan jago memasak.. gua gak pernah kehabisan akal. Setelah melihat jam, dan beberapa menit lagi adzan, gua mulai ada pikiran buat ganti baju, dan nanyain satu-satu orang yang ada di depan kita.. setiap satu pertanyaan yang benar dapet 50.000, dan bilang, "Coba liat disana! Apa itu? Itu kamera! Anda masuk di acara tv.. KENA DEH!" dan berharap satu-persatu orang didepan pergi. Masalahnya.. orang didepan banyak banget, dan duit yang tersedia gak cukup.

Setelah frustasi menunggu, dan waiting list panjang (asli freak).. super duper panjang, akhirnya kita memutuskan untuk mencari makanan lain.. dan seperti mendapat cahaya terang ditengah kegelapan, sepupu gua berhasil menemukan satu tempat makan kosong.. bagus! Pas itu udah sekitar jam 5 teng. Berarti, masih banyak waktu tersisa. Namanya spageddis... dan menurut asumsi orang, ini mirip-mirip sama spaghetti house.. berarti cocok! Setelah masuk, ada mas-mas langsung menyambut dan nanya, "Meja untuk berapa orang?", gua bingung.. karena, mungkin pak de gua yang merupakan ayah dari makhluk imbisil ini mungkin dateng, mungkin juga enggak. Kalo dateng, jadi ada 7 orang, kalo gak dateng berarti 6 orang.. jadilah gua menjawab dengan antusias, "Emm.. meja untuk 6 atau 7 orang mas!", "Err.. sori, untuk berapa orang?" kata mas-nya, "6 atau 7 orang mas.. 6 ATAU 7 ORANG MAS! YA!" Jawab gua dengan bersemangat.. mungkin mas-nya bakal ngira gua adalah pembaca teks proklamasi terlatih karena ngomong dengan intonasi yang tinggi. Bedanya, gua adalah pembaca doa untuk orang yang udah meninggal (mayat).

Bingung dengan jawaban gua, mas-mas nya akhirnya ngambil satu kursi tambahan.. ide bagus! Selang beberapa menit, semua orang berdatangan. Ortu, Adik, dan nyokap sang sepupu gua itu. Ayah dia belum muncul. Mungkin kehabisan tissue di toilet. Tapi, akhirnya datang juga.. bagus.. sekarang sudah lengkap. Tiba saatnya kita harus order makanan, mas-mas nya ngasih menu. Dengan waktu yang singkat, kita dituntut untuk milih menu dengan cermat dan cepat. Orang lain mesen menu yang normal-normal.. Lasagna, fettucini, dan ada satu dish yang pake udang yang gua aja gak tahu cara pronouncenya. Tiba giliran gua order, yap! ORDER! Waktu semakin menipis, dan kalo mau order, gua harus bolak-balik menu selama berapa jam. Karena semua mesen menu yang wajar, muncul pikiran bahwa gua harus mesen yang agak aneh. Bermaksud gaya, akhirnya gua menunjuk ke salah satu makanan.. namanya lupa, pokoknya.. spaghetti dengan olive oil. yaa.. olive oil! Sejujurnya, gua gak pernah makan pake olive oil karena gak suka. Tapi, kali ini didepan sepupu imbisil gua.. bersikap gaya dikit memang diperlukan. Nyokap gua udah mewanti-wanti. Tapi gua tetap pada pendirian.. YA! SAYA YAKIN! Belum puas sampe situ, ketika order teh hangat.. sikap gaya gua tetap di tunjukkan. Dimana semua orang mesen hot tea normal.. gua dengan yakin dan bergairah bilang.. "MAS! SATU HOT TEA CAMOMILE!" . Camomile itu mirip-mirip chrysantium or however you spell it. Dan chyrysantium dingin adalah favorit saya! Tapi, camomile hot tea.. gak tau gimana rasanya!

Semua makanan udah ada, tinggal makan. Karena laper, gak peduli ada olive oil nya ato minyak tanah sekalipun.. gua melahap sampe abis.. sampe akhirnya menyadari, kok rasanya aneh? Ternyata itu adalah efek dari olive oil laknat itu. Belum sampe situ, tehnya juga.. gila.gak enak.mampus. Baru minum setengah udah give up gua. Tapi yang penting berhasil gaya, dan sepupu gua terpesona. Mulutnya mangap-mangap kayak gitu. Ternyata, dia gak sengaja numpahin tabasco kebanyakan di pastanya.

Pesan moral: Jika tidak mau mangap-mangap, jangan meleng dan numpahin tabasco kebanyakan!

No comments:

Post a Comment