Friday, October 30, 2009

Market day laksana sebuah floating market

Hello! Udah lama banget gua gak posting and i start missin it... pertama-tama, gua ucapin MINAL AIDIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN! Shiit... telat abis gua ngucapinnya, lebaran udah dari kapan gua ngucapinnya kapan.. jangan-jangan, kalo pas tahun baru, gua ngucapin selamat nya telat abis... misalkan gua ngucapinnya pas... 30 Maret, entar gua dikira ngikutin kalender orang Ethiopia.. yang baru tahun baruan tanggal 30 Maret.

Singkat kata, gua tadi ke sekolah buat market day dan ngambil report.. yap, ke sekolah pada hari sabtu hanya untuk market day. Pada hari-hari sebelumnya, kita udah nge-diskusiin barang apa yang akan dijual, diskusi belum dimulai gua udah nyerocos aja "APA AJA YANG PENTING MODAL SEDIKIT!", yap! dan memang kriteria kita dalam menjual barang hanya 6.. apa.aja.yang.penting.modal.sedikit . Dengan pengalaman bisnisnya Eldo (bisnis jualan minyak kayu putih), kita belajar untuk berjualan dengan modal yang sedikit, bahkan tidak ada... mendengar dua kombinasi kata itu... sedikit dan bahkan tidak ada.. sudah bisa dipastikan barang yang dijual adalah... BEKAS! Barang bekas! And its exactly what we sold.. baju bekas, majalah bekas, komik bekas, dan tadinya gua mau jual stir mobil bekas.. tapi gak bakal bisa dibuat pelampung.. jadinya gak jadi. Dengan menjual barang serba bekas (which kinda fits my face so much), confidence kita buat sukses banyak banget... kalau dinilai.. bisa nyampe 999 miliar juta/10. Gua berniat jual majalah bekas F1 yang terlantar.

Menuju hari H, seperti biasa. Gua belum nyiapin apa-apa. Pikiran gua, kan ngumpullin majalah bekas gampang-gampang aja.. sebelum berangkat, gua pede masukkin 20 majalah bekas ke kardus.. semua sudah fixed.. semua sudah siap.. all settled!

Sesampainya disana, gua telat. Biasa! Kalo kesana gua pake shower cap, itu baru gak biasa! Dengan cepat gua berjalan ke stand kelas saya, semua sudah datang kesana. Well, kecuali, Bondan Winarno.. itu karena emang dia gak diundang! Dan kalau dia kesana, mentok-mentok dia paling ngomentarin tentang sosis dan chips yang memang satu-satunya makanan yang dijual, kan gak seru aja.

Disana gua hanya diam saja, karena gak seru, saya muter-muter buat nyari makanan.. karena gua diet, gua hanya boleh makan sekali. Dan itu sebuah mie goreng keren! Lumayan kenyang! Setelah itu gua bermaksud mau bicara sama Ian tentang majalah dump gua yang banyak.. setelah semua majalah di-display (termasuk punya Ozan), kita malah kayak tukang jualan majalah. Bedanya, ini majalah bekas, tukang majalah yang benar cuma jual majalah baru. Shame!

Sejam berlalu, semua terlihat baik-baik saja... hampir semua orang menghampiri stand saya dan tertarik dengan tiga hal: 1) Hotwheels nya Ozan yang banyak, 2) majalah saya dan Ozan yang banyak, dan 3) Rafy main tembak-tembakan sendiri.. well, dia memang seseorang dengan imajinasi tinggi, patut dicontoh! Terutama main tembak-tembakan sendirian pakai kertas karton. Lumayan, kalau ada orang iseng.. kamu sudah terlatih untuk lempar mereka pake payung (gak nyambung)

Semua orang terlihat sangat excited membaca semua majalah.. membaca dan tidak membeli... MEMBACA DAN TIDAK MEMBELI ! Sangat keren.. gua lupa mempertimbangkan satu hal, Market Day adalah suatu hari dimana kita berjualan kepada teman-teman sekolah. Dan kata-kata teman sekolah hampir mirip dengan orang yang gak mau rugi.. seperti baca majalah gratisan, sampe goreng chips sendiri dengan bermaksud minta discount.. sungguh kenyataan yang tidak bisa terbantahkan. Keadaan semakin parah saat ada hujan.. gila.. sangat-sangat abstrak, hujan pas itu lumayan parah. Gua sangat menyesal gak jual pelampung sama perahu karet, kan kalo banjir lumayan laku...

Tenda nya juga ada yang jatuh, dan all stuff we store were wet.. dan juga tiba-tiba menggenang... udah kayak floating market aja.. gua punya akal, untuk gaya. Mestinya semua anak dan guru foto didaerah yang digenangi air, biar match bikin rakit.. semua foto.. dan gua bakal melabel foto itu sebagai field trip auliya tahun 2009 ke Bangkok.. ya! Dengan modal rakit dan camera, kita bisa gaya kalo auliya ngadain field trip ke salah satu floating market Bangkok! Keren! Genius! Padahal, salah satu field trip terjauh yang pernah diadakan adalah ke Carrefour Lebak Bulus (ngapain juga field trip ke Carrefour?)

Pulang ke rumah, saya tidur.. dan kenangan buruk akan market day segera terlupakan! Yeah!

No comments:

Post a Comment